Lowongan Kerja Sampingan dan Ide Bisnis Online yang Pasti Cuan di Tahun 2023

LOWONGAN kerja formal maupun informal, off line atau online, full time atau part time, cukup banyak, tinggal mana yang menjadi pilihan kita. 

Bagi fresh graduate tidak sedikit yang lantas pilih mencari Lowongan Kerja full time walau gaji belum tentu sesuai harapan. 

Hal ini karena sekaligus untuk belajar dan menambah pengalaman serta memperkaya isi portofolio. 

Bagi yang sudah mapan, ada kalanya terpikir untuk beralih profesi atau mencari Lowongan Kerja lain yang lebih menjanjikan. 

Bagi ibu-ibu rumah tangga, atau bahkan bapak-bapak rumah tangga, mencari penghasilan tambahan atau sampingan merupakan hal wajar. 


Tidak jarang peluang kerja part time secara online menjadi pilihan seiring pesatnya era digital belakangan ini.

Namun demikian kebanyakan orang yang sibuk dengan pekerjaan utama atau urusan rumah tangga, berbisnis sambil tetap di rumah jadi pilihan. 

Selain tetap bisa mengerjakan pekerjaan utama atau di sela urusan rumah tangga, bisnis sampingan bisa menjadi berkah karena tidak hanya menghasilkan uang tambahan, tidak jarang justru jadi sumber pendapatan utama karena nominalnya lebih besar.

Nah, bagi Kamu yang tertarik membuka bisnis online, berikut beberapa ide bisnis online yang bisa ditekuni di sela-sela pekerjaan utama atau sebagai ibu rumah tangga:

1. Affiliate Marketing

Mengikuti program bisnis affiliate marketing bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. 

Bermodal aktif di media sosial, menjalankan affiliate marketing bisa menghasilkan uang tambahan, bahkan jika ditekuni akan jadi sumber penghasilan yang besar.

Apa itu affiliate marketing? 

Affiliate marketing adalah cara memasarkan suatu produk untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualannya. 

Program affiliate marketing diklaim cukup efektif untuk mendapatkan penghasilan yang besar melalui internet.

Tugas affiliator adalah memasarkan dan menjual produk yang memiliki afiliasi kepada konsumen.

Setelah terjadi transaksi penjualan Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan awal.

Singkatnya, Kamu harus menawarkan produk yang ada di marketplace kepada orang lain.

Ketika pelanggan atau konsumen mengklik link afiliasi dan melakukan transaksi maka Kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. 

2. . Kursus Privat / pelatihan online

Bagi ibu-ibu rumah tangga, atau bahkan mahasiswa yang masih aktif, membuka kursus atau pelatihan online bisa jadi peluang besar untuk menghasilkan uang.

Tidak pandang apa lulusan Anda, skill dan kemampuan tertentu yang Anda miliki bisa jadi modal awal untuk memulai usaha kursus online.

Apalagi Kalian yang merupakan lulusan S1 dengan keahlian yang diperoleh selama kuliah, dari pada ilmu tak berguna sia-sia bisa dibagikan lewat kursus dan pelatihan online.

Peluang ini bisa dilakukan lewat media sosial dan berbagai platform video seperti YouTube atau facebook dan Tik Tok.

3. Reseller dan Dropship

Berjualan di era digital saat ini bisa dilakukan secara online. Tak terkecuali bila Kamu ingin memanfaatkan banyaknya e-commerce yang ada saat ini, bisnis reseller dan dropship bisa jadi pilihan.

Melakoni bisnis reseller dan dripship akan sangat menguntungkan jika ditekuni walau hanya di sela-sela kesibukan dan pekerjaan utama, bahkan ibu-ibu rumah tangga.

Selain fleksibel, reseller dan dropship tidak menuntut Kita memiliki stok barang. 

Reseller adalah bisnis yang mengharuskan kamu untuk membeli produk terlebih dahulu lalu kembali menjualnya.

Adapun dropshipper, kamu tidak perlu membeli barang lebih dulu, tetapi cukup dengan meneruskan pesanan yang dari pembeli kepada penjual. 

Tuntutan utamanya adalah pemasaran. Semakin jitu Kamu menawarkan barang dan mendapatkan calon pembeli, keuntunganmu akan semakin besar.

4. Bisnis kue dan camilan secara online

Bagi ibu-ibu yang hobi memasak, membuat kue dan aneka camilan untuk dijual secara online tentu sangat menjanjikan.

Membuat kue dan camilan yang lagi ngehits atau kekinian misalnya, akan diminati banyak pelanggan masa kini.

Memanfaatkan media sosial, tentu saja peluang untuk meraup rupiah sangat besar di era digital saat ini.

5. Penulis lepas atau freelance writer

Hobi bisa jadi berkah. Termasuk pula hobi menulis. Dengan menjadi penulis lepas, Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. 

Apalagi di era digital saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan publikasi atau pemasaran secara online lewat website atau media sosial mereka. 

Mengapa freelance writer bisa jadi pilihan? 

Tentus saja selain penghasilan menjanjikan juga waktu pengerjaan yang fleksibel dan tidak terikat jam kerja. 

6. Freelance Graphic Designer

Berbagai sektor usaha di era digital sekarang ini membutuhkan graphic designer. Inilah peluang Kalian untuk membuka jasa freelance graphic designer.

Jika satu project bisa menghasilkan pendapatan yang besar, betapa peluang ini menjanjikan karena semakin baik hasil kerjamu maka akan semakin banyak yang membutuhkanmu.

7. Jual kerajinan tangan

Pernah membuka e-commerce dan menemukan banyaknya accesories dan pernak-pernik yang dijual di lapak tersebut? Ini adalah peluang bagi Kalian, termasuk ibu-ibu rumah tangga, untuk menjual hasil kerajinanmu sendiri.

Beberapa orang mungkin melakukannya di tempat-tempat wisata. Namun di era digital sekarang ini pemasaran dan penjualan bisa dilakukan lewat e-commerce atau media sosial.

Bisnis ini sangat menjanjikan, terlebih jika kamu bisa melayani pesanan sesuai permintaan pelanggan atau bahkan bisa memenuhi jika pelanggan meminta partai besar untuk souvenir hajatan.

8. Content Creator / YouTuber

Menjadi kreatif pasti akan sangat berguna, tak terkecuali untuk menghasilkan pendapatan tambahan atau bahkan jadi sumber penghasilan utama.

YouTuber misalnya, apapun kontennya, peluang ini saat ini cukup menjanjikan untuk meraup pundi-pundi rejeki agar dapur tetap mengepul.

Tidak hanya di platform YouTube, konten kreator bisa berkarya untuk ditampilkan di berbagai platform lain seperti media sosial facebook atau tik tok dan blog.

.

Nah, itulah beberapa ide usaha atau bisnis yang bisa Kamu jalankan untuk mendapatkan uang secara online maupun off line, full time atau part time.

(Berbagai sumber/foto:puncakmedia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja Terbaru - Dosen UST Yogyakarta

Lowongan Guru SD di Yayasan Karya Sang Timur, Lowongan Kerja Terbaru Semarang

Lowongan Guru Yayasan Tunas Lestari Sejahtera