Mencari Lowongan Kerja? Inilah Skill atau Kemampuan Paling Dicari di Tahun 2023

KAMU sedang mencari Lowongan Kerja? Kamu fresh graduate, sudah punya pengalaman kerja, atau ingin beralih profesi dari pekerjaan sekarang, atau bahkan ingin punya sampingan / part time kerja online? 

Apabila sederet pertanyaan tersebut mewakili situasi Anda, maka segera lah bergerak mencari lowongan pekerjaan .

Eiits, tunggu dulu! 

Sebelum Kamu bergerilya mencari pekerjaan baru demi uang tambahan atau sebagai penghasilan utama, ada baiknya kenali dulu beberapa skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023 ini.

Mengenali dan tahu skill apa yang dibutuhkan untuk melamar Lowongan Kerja di tahun 2023 tentu penting agar Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Nah, berikut ini daftar skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan pada tahun 2023, dikutip dari berbagai sumber.

1. Data interpreter atau Komunikator data

Sebagian pekerjaan di tahun 2023 disebut akan berhubungan dengan data. Oleh karena itu, skill atau kemampuan sebagai data interpreter pastinya sangat dibutuhkan, terutama di dunia bisnis dan industri.

Pada 2023 diperkirakan banyak perusahaan dan organisasi membutuhkan orang dengan skill komunikasi data atau interpretasi data dan penerjemahan data.

2. Jaringan dan pengamanan data

Semakin hari pengguna jaringan internet kian masif, apalagi, pekerjaan kini tidak melulu diselesaikan di kantor / work from office (WFO), tetapi tidak sedikit yang bisa dilakukan di rumah / work from home (WFH).

Dengan maraknya pekerjaan menggunakan sistem jaringan plus berhubungan dengan data, kemampuan pengamanan jaringan pun kian dibutuhkan.

Pada 2023 ini diprediksi akan semakin banyak lowongan kerja dengan syarat harus memiliki skill pengamanan jaringan dan data.

Pekerjaan yang menuntut skill pengamanan data ini penerapannya biasanya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi AI, termasuk untuk melawan peretas.

3. User Interface (UI) / User Experience UX Design

Skill UI dan UX Design pada 2023 diperkirakan kian dibutuhkan, seiring dengan transformasi digital yang tidak bisa ditolak lagi. 

Betapa tidak, semakin hari digitalisasi menyentuh setiap sudut kehidupan masyarakat dunia, tidak hanya di Indonesia. 

Perusahaan BUMN, swasta, pemerintah dan bahkan individu nyaris semua menggunakan pola digital dalam aktivitas dan pekerjaannya. 

Singkatnya, teknologi menjadi bagian yang melekat di setiap bidang pekerjaan belakangan ini.

Oleh karenanya, skill UI/UX designer sangat dibutuhkan. 

Dalam lingkup pelayanan atau penjualan, skill UI UX akan membuat tampilan sederhana dan mudah digunakan pada sistem teknologi yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan agar dapat dijangkau oleh pekerja dan pelanggan.

4. Digital marketing

Kemampuan dalam bidang Digital Marketing sangat dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan, mengingat kini fokus masyarakat dunia adalah teknologi dan ekonomi.

Digital marketing itu akan mencakup banyak hal seperti periklanan di media sosial, SEO, augmented reality, spesialis e-mail, relasi dengan pelanggan, dan kemampuan teknologi kreatif lainnya.

Skill digital marketing, di mana kemampuan ini tidak akan lepas dari bagian IT, kini menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan ketika merekrut karyawan.

5. Adaptasi teknologi

Bagi Kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan terbaru, skill beradaptasi terhadap teknologi jelas merupakan nilai utama yang dibutuhkan baik di organisasi atau perusahaan. 

Skill adaptasi teknologi mencakup empat atau sebagian dari skill yang sudah disebutkan di atas. 

Dengan menguasai sebagian atau bahkan semua skill di atas, berarti Kamu adalah profil yang pas karena memiliki kemampuan adaptasi teknologi yang dibutuhkan untuk semua pekerjaan di tahun 2023.

Dengan kata lain, skill adaptasi teknologi akan membuatmu masuk semua kualifikasi lowongan pekerjaan terbaru.

.

Nah, itu lah beberapa skill yang dibutuhkan pada pekerjaan di tahun 2023. Catatan, artikel ini disadur dari berbagai sumber termasuk mengutip sumber Forbes melalui laman idn times.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja Terbaru - Dosen UST Yogyakarta

Lowongan Guru SD di Yayasan Karya Sang Timur, Lowongan Kerja Terbaru Semarang

Lowongan Guru Yayasan Tunas Lestari Sejahtera